Friday, 22 February 2013

Profil dan sejarah singkat paroki st. Hironiumus


Sebelum Gereja Paroki Sto. Hironimus Tanjung Hulu Pontianak terbentuk, pada awalnya merupakan sebuah Kapel, dengan nama Kapel Kanaan. Kapel Kanaan sendiri secara administrasi gereja berada di wilayah Paroki Gembala Baik.
Kapel Kanaan yang berdiri di Jalan Tekam, komplek Perumnas III waktu itu mampu mengakomodir sekitar 100 umat Katolik yang tinggal di sekitar wilayah Kecamatan Pontianak Timur. Namun seiring semakin bertambahnya umat Katolik di Kecamatan Pontianak Timur, maka tuntutan untuk tersedianya gereja yang lebih representatif semakin mendesak.
Melalui perjuangan beberapa tokoh umat dan berbagai pihak, akhirnya gereja yang dimimpikan oleh warga katolik khususnya di Pontianak Timur dapat terwujud. Peran Kapel Kanaan bertransformasi menjadi gereja dengan nama pelindung Sto. Hironimus. Bahkan Terbentuk menjadi wilayah paroki sendiri dengan nama yang sama yaitu Paroki Sto. Hironimus, Tanjung Hulu.
Pada Tanggal 25 Desember 2003 gereja Sto. Hironimus diresmikan dan diberkati oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr. Hieronimus Bumbun, Ofm. Cap, yaitu tepat pada perayaan hari Natal.
Sedangkan secara nasional, gereja Paroki St. Hironimus diresmikan pada tanggal 14 Januari 2004 oleh Walikota Pontianak, dr. Buchari A. Rachman.
Sampai saat ini Paroki Sto. Hironimus sudah dipimpin oleh 4 orang Pastor Paroki, yakni: Pastor Lukas Ahon; Pastor Nicodemus, Cp,; Pastor Benyamin Serani; dan sekarang oleh Pastor Paulus Jasmin, Cp.

No comments:

Post a Comment